Benarkah Santan, Penyebab Darah Tinggi dan Kolesterol?

Penyebab darah tinggi dan juga kolesterol kerap kali diidentikkan dengan makanan yang mengandung santan. Hal ini seperti banyak sekali disarankan oleh para ahli kesehatan agar menghindari makanan yang bersantan, apalagi yang sudah berusia menginjak kepala 4.

makanan bersantanSantan disebutkan mampu memicu peningkatan tekanan darah dan juga kadar kolesterol. Akan tetapi, apakah hal ini benar?

Santan adalah salah satu bahan makanan yang banyak digunakan di Indonesia karena mampu menciptakan rasa gurih. Meski memang kerap disebut sebagai bahan pemicu masalah, akan tetapi ternyata santan juga punya manfaat yang baik untuk tubuh. Sebut saja seperti sumber protein, lemak, zat besi, magnesium, kalium, karbohidrat dan juga sejumlah manfaat yang lain yang memang belum terungkap.

Meski demikian, bagi anda penderita tekanan darah tinggi atau dalam bahasa medis disebut hipertensi dan juga kolesterol. Maka, makanan bersantan akan lebih baik untuk dihindari.

Akan tetapi, dalam sebuah laporan yang dimuat di hellosehat disebut bahwa santan hanya sedikit mengandung natrium dan tidak akan membuat tekanan darah menjadi naik. Bahkan kandungan kalium yang tinggi pada santan juga mampu membantu proses penurunan tekanan darah tinggi.

Sementara itu, menurut penelitian juga ditemukan fakta bahwa santan tidak membuat kadar kolesterol jahat atau LDL menjadi naik, namun justru membuat kadar kolesterol baik atau HDL menjadi naik karena santan mengandung asam laurat.

Meski demikian, tetap saja aturan yang berlaku dalam kehidupan adalah jangan berlebihan. Karena santan sendiri juga mengandung lemak jenuh yang membuat asupan kalori dalam tubuh menjadi tinggi.

Kalori tinggi sendiri nantinya membuat kita berisiko kelebihan berat badan atau obesitas. Nah dari sinilah nantinya akan ada masalah hipertensi. Sementara lemak jenuh pada santan mampu meningkatkan risiko gangguan jantung.

Oleh karenanya asupan lemak yang baik untuk tubuh kita adalah 44-77 gram per hari saja.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *