Tips Merawat Rambut Berwarna Agar Awet dan Tahan Lama

Mengganti warna rambut adalah salah satu hal yang sering digunakan oleh sebagian orang untuk mendapatkan wajah yang makin segar dan cerah. Bahkan ada orang yang mengganti warna rambut mereka dengan tujuan berdasarkan mood mereka. Alhasil, orang-orang seperti ini akan sering mengganti warna rambutnya.

Rambut BerwarnaDimana jika mereka sedang jatuh cinta, maka warna rambut mereka akan diubah menjadi manis seperti brunette atau mocha brown. Namun, ada pula yang mengganti warna rambut dengan warna yang low maintenance, umumnya warna yang dipilih adalah warna-warna kalem seperti dark brown dan juga burgundy.

Meski memang mewarnai rambut memberikan nilai estetik yang tinggi bagi rambut, namun mewarnai rambut juga bisa menimbulkan dampak negatif. Jika anda adalah orang yang malas dalam merawatnya maka bahan kimia yang terkandung dalam pewarna rambut akan membuat rambutmu jadi rusak. Batang rambut akan jadi kering, patah-patah dan juga cenderung bercabang.

Perawatan rambut Berwarna

Lalu, bagaimanakah cara merawat rambut berwarna dengan tepat? Berikut ulasannya :

1. Gunakan Shampoo Khusus

Shampo untuk rambut berwarna bukanlah shampo yang umum dijual di kios tempat anda. Dimana jenis shampo rambut berwarna umumnya punya pigmen yang dapat mengunci warna rambut agar tahan lebih lama. Akan tetapi, apabila budgetmu tipis, maka anda disarankan untuk memilih shampo yang umum namun bisa membuatnya lembut dan menutrisi rambut. Saran kami adalah gunakan TRESemmé Color Radiance & Repair for Colored Hair Shampoo.

2. Hindari Sering Keramas

Mewarnai rambut sendiri adalah salah satu proses untuk memasukkan bahan kimia pewarna rambut ke dalam batang rambut. Namun, benda asing tersebut pada dasarnya bisa luntur atau juga memudar apabila sering melakukan keramas atau mencuci rambut.

Salah satu tips yang disarankan adalah jangan sering berkeramas jika memang ingin warna cat rambut anda dapat bertahan lebih lama. Apabil mungkin maka keramaslah setidaknya tiga hari sekali saja.

3. Teknik Co-Washing

Co-Washing sendiri adalah salah satu akronim dari Conditioner Washing yang artinya hanya mencuci rambut tanpa menggunakan shampo, atau hanya menggunakan air saja. Meski demikian, tetap disarankan untuk menggunakan conditioner setelahnya.

Meski disarankan, namun juga tidak baik dilakukan dengan terus menerus. Dimana bisa jadi akan membuat debu dan minyak pada kulit kepala jadi bertumpuk dan menimbulkan masalah baru. Oleh karenanya, Co-Washing sendiri hanya disarankan dilakukan dengan waktu 2 kali dalam seminggu.

4. Hindari Shampo Anti Ketombe

Rambut berwarna bisa dikatakan sangat anti terhadap shampo anti ketombe. Pasalnya kandungan zinc, selenium sulfide dan juga sulfur yang ada pada shampo anti ketombe dapat membuat warna rambut jadi luntur. Kemudian juga tekstur rambut pun bisa jadi kering dan jadi sulit untuk diatur.

5. Hindari Paparan Sinar UV

Seperti yang diketahui bahwa sinar matahari dapat membuat kulit kita terbakar, namun ternyata tidak hanya kulit, rambut pun bisa merasakan dampak jahat dari sinar UV ini. Dimana apabila anda terlalu lama berjemur di terik matahari, maka yang muncul adalah warna rambut anda yang akan memudar. Jika memang harus, maka gunakanlah penutup kepala seperti topi atau yang lainnya.

6. Hindari Berenang

Perawatan rambut berwarna juga mengharuskan anda untuk sebisa mungkin menghindari berenang di kolam renang. Pasalnya, air kolam renang umumnya menggunakan klorin dan juga kaporit yang mampu membuat warna rambut jadi luntur dan kasar.

Demikian beberapa tips untuk merawat rambut berwarna. Selain itu juga hindari mencuci rambut dengan air hangat dan lebih disarankan untuk menggunakan air dingin untuk membuatnya lebih baik. Semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *