Tingkatkan Perekonomian dengan P2P Lending

Dengan adanya dorongan untuk melakukan investasi fintech pada perkembangan inklusi keuangan merupakan suatu yang telah terasa semenjak beberapa tahun terakhir. Dengan hadirnya dukungan fintech yang menerapkan sistem berbasis teknologi dan informasi, masyarakat yang tidak dapat mengakses keuangan dengan cara perbankan dapat terbantu.

Semakin berkembangnya layanan penggunaan finansial technology atau fintech dalam lingkungan masyarakat, memiliki arti bahwa saat ini tidak pernah lepas dari teknologi informasi yang semakin menyebar luas dalam lingkungan masyarakat. Hal tersebut dibuktikan dengan jumlah penduduk Indonesia yang saat ini sekitar setengahnya telah menikmati adanya teknologi.

Dorong Perkembangan UMKM dengan P2P Lending

Tidak dapat di elak bahwa adanya modal dalam suatu usaha adalah napas utama untuk perkembangan usaha khususnya bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah atau yang biasa disebut dengan UMKM.

Akan tetapi tidak semuanya bisa menikmati kemudahan dalam mengakses keuangan untuk memperoleh pinjaman modal. Di situlah peran P2P lending menjadi alternatif yang sangat cocok untuk mengatasi masalah tersebut.

Sebagai pihak investasi ekonomi inklusif untuk membantu akses keuangan para pelaku UMKM, melewati sistem yang ada dalam P2P lending, para pelaku UMKM dapat mengajukan pinjaman tanpa adanya jaminan. Tentu hal tersebut sangatlah berbeda apabila Anda mengajukan pinjaman ke berbagai perbankan ataupun layanan keuangan konvensional.

Para pelaku UMKM kerap kali menggunakan internet untuk memasarkan produk melalui toko online maupun marketplace online yang saat ini jumlahnya semakin meningkat. Hal tersebut menunjukkan bahwa setidaknya para pelaku UMKM sudah dapat memanfaatkan teknologi untuk kepentingan yang positif.

P2P Lending sebagai Alternatif Investasi dan Mendorong Perekonomian Indonesia.

Sebagai suatu alternatif dalam hal investasi, P2P lending juga dapat mendorong perekonomian di Indonesia melalui pengembangan UMKM. Hal tersebut terjadi karena P2P lending dapat bekerja secara dua arah, yaitu selain dapat memberikan akses pinjaman modal serta sebagai alternatif investasi untuk seluruh investor.

Dengan bergabung sebagai investor P2P lending maka Anda akan memperoleh bunga keuntungan dalam setiap tahunnya. Apabila bunga yang didapatkan di investasikan kembali, maka bunga selanjutnya juga akan semakin besar.

Dalam hal ini perlu Anda ketahui juga bahwa setiap pinjaman modal yang telah di investasikan para investor sangat membantu dalam meningkatkan perekonomian melakui UMKM.

Pahami Cara Kerja Investasi P2P Lending

  1. Browser
  2. Mengajukan pinjaman, dalam hal ini pihak browser atau yang mengajukan pinjaman wajib melengkapi informasi yang diminta dalam aplikasi pinjaman.
  3. Lakukan analisis persetujuan, tim dari pemberi modal akan terlebih dahulu menganalisis serta menyetujui aplikasi pinjaman modal sebelum nantinya ditawarkan pada pihak yang mendanai.
  4. Membayar pinjaman, hal ini merupakan sesuatu yang wajib dilakukan oleh pihak peminjam sesuai dengan waktu yang telah dijadwalkan.
  5. Pendana
  6. Menelusuri marketplace, dalam hal ini memiliki arti bahwa pihak pendana harus terlebih dahulu menganalisis pihak peminjam sesuai dengan informasi yang terdapat dalam fact sheet.
  7. Melakukan pendanaan, sebagai pihak pendana Anda harus pandai menentukan berapa jumlah pinjaman yang akan Anda danai.
  8. Menerima pengembalian modal atau pinjaman, pihak pendana akan memperoleh pengembalian modal atau pinjaman tentu dengan bunga atau keuntungan yang bisa digunakan kembali untuk mendanai .

Dengan adanya inovasi investasi P2P yang terdapat dalam tubuh fintech, sangat bermanfaat dalamĀ  meningkatkan inklusi keuangan sehingga dapat menjadi sasaran pemerintah, dan menjadi bagian dari Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Karena secara khusus, P2P lending ini memiliki peran untuk dapat membantu pengadaan modal bagi pelaku UMKM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *