Layanan Paliatif Onkologi di Rumah: Mengenal Perawatan Paliatif dan Manfaatnya Bagi Penderita Kanker

Di zaman sekarang ini, semakin banyak orang yang mengalami berbagai penyakit berbahaya. Hal ini tidak lepas dari berbagai faktor yang mempengaruhinya, gaya hidup, pola makan, hingga faktor genetik. Salah satu penyakit berbahaya yang kerap diderita oleh masyarakat saat ini adalah penyakit kanker. Penyakit yang satu ini bisa menyerang bagian tubuh manusia mana saja dan perlu diwaspadai. Hal ini dikarenakan kanker bisa menyerang siapa saja dan bisa menyebabkan kematian. Terutama jika kanker baru terdeteksi saat sudah memasuki stadium lanjut. Melihat tingginya angka kematian karena penyakit kanker, melakukan perawatan paliatif bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup penderita. Baik dengan melalui layanan paliatif onkologi di rumah atau di rumah sakit.

Paliatif OnkologiPerawatan paliatif mungkin belum begitu familiar di kalangan masyarakat. Namun yang perlu diketahui, perawatan paliatif berbeda dengan pengobatan biasa. Paliatif berasal dari kata ‘palliate’ yang berarti mengurangi keparahan tanpa menghilangkan penyebabnya. Sehingga, perawatan paliatif merupakan perawatan yang didapatkan oleh para pasien yang menderita penyakit kronis stadium lanjut dengan tujuan agar bisa meningkatkan kualitas hidup pasien.

Perawatan paliatif onkologi diberikan kepada pasien kanker sejak awal, mulai dari pengobatan menggunakan obat, pendampingan keluarga, hingga penanganan oleh tim dokter spesialis. Untuk pendampingan pada pasien atau penderita bertujuan agar mereka bisa bertahan menghadapi penyakit yang dialami. Sehingga apabila mereka harus meninggal dunia karena penyakit yang diderita, mereka akan meninggal dunia dengan kualitas hidup yang baik. Pendampingan ini tidak berhenti ketika pasien meninggal dunia, namun bagi keluarga yang ditinggalkan juga akan didampingi terus agar bisa lapang dada menerima kepergian pasien yang bersangkutan.

Dengan melakukan perawatan paliatif akan memberikan berbagai manfaat berikut:

  1. Meringankan penderitaan pasien yang sudah mengalami sakit parah dan tidak dapat disembuhkan, seperti penyakit kanker.
  2. Memberikan kesempatan hidup tenang dan berkualitas di sisa hidup pasien yang menderita penyakit kronis atau parah agar ketika meninggal dunia tidak merasa tersiksa.
  3. Mengurangi rasa takut yang dialami oleh pasien ketika mengetahui penyakit yang dialami akan berujung pada penderitaan dan kematian, padahal ada harapan untuk terus bertahan dan menghindari sakit akibat penyakit yang diderita.

Perawatan paliatif biasanya dilakukan oleh sebuah tim yang terdiri atas berbagai disiplin dan spesialis di bidang kedokteran, keperawatan, psikologi, sosial, dan spiritual. Tim nantinya akan bekerja secara interdisiplin dan melakukan pembahasan kasus secara regular untuk digunakan dalam perencanaan terpadu. Tim paliatif akan mendengarkan setiap keluh kesah yang dirasakan oleh pasien dan keluarganya agar semua beban pikiran dan penderitaan yang dialami bisa diatasi dan proses kematian bisa disikapi dengan baik.

Perawatan paliatif bisa dilakukan melalui rawat inap, rawat jalan, hingga kunjungan/rawat rumah. Saat ini banyak sekali rumah sakit yang sudah memiliki layanan perawatan paliatif bagi pasien yang menderita penyakit kronis atau parah. Namun bagi Anda yang menginginkan layanan paliatif onkologi di rumah, bisa juga mempercayakan pada Aido Health. Bagi yang belum mengetahui, Aido Health merupakan aplikasi kesehatan yang memungkinkan Anda untuk bisa membuat janji dengan dokter, perawat, fisioterapis & rehabilitasi medis datang ke rumah. Tak terkecuali juga bagi mereka yang menderita kanker dan ingin melakukan perawatan paliatif. Melalui Aido Health, Anda berkesempatan untuk mendapatkan layanan kesehatan yang berkualitas tinggi karena memiliki banyak dokter, perawat, serta tenaga ahli kesehatan lainnya yang sudah kompeten di bidangnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *