Keuntungan Gunakan SSD di Perangkat Komputer

Sistem penyimpanan komputer belakangan telah bermigrasi dari Harddisk atau HDD ke sistem yang lebih cepat yakni Solid State Drive atau SSD. Apakah keuntungan ketika komputer atau laptop anda menggunakan SSD?

Hadi Gunawan Sugito yang tak lain adalah Consumer Master Trainer dari Microsoft pun menyebutkan bahwa SSD membuat perangkat bisa menjadi lebih tipis dibandingkan ketika perangkat tersebut menggunakan HDD. Selain itu juga kinerja dari perangkat pun akan jadi lebih cepat.

Dirinya pun coba membandingkan dengan Harddisk Driver atau HDD saat booting awal notebook dengan SSD. Dimana perangkat yang menggunakan SSD lebih cepat 40 detik ketimbang perangkat yang hanya menggunakan HDD.

“Jadi cukup signifikan, karena hitungannya selisih 30 detik sekalipun sudah cukup makan waktu lama. Saat ini orang inginnya sekali mencet langsung tampil,” kata Hadi saat ditemui Hadi saat ditemui di Microsoft Blogger Gathering di Jakarta.

Selain terhadap kinerja, perangkat SSD juga akan jadi lebih hemat baterai. Hal ini sekali lagi dipengaruhi karena kinerja yang lebih cepat otomatis energi pun jadi lebih hemat.

“SSD tidak pakai piringan seperti HDD. Sehingga konsumsi baterai lebih sedikit,” terang Hadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *