Inilah 5 ManfaatTabungan Anak dalam Mendidik Buah Hati Berhemat Sejak Dini

Menabung merupakan salah satu kegiatan yang sulit untuk dilakukan oleh sebagian orang. Alasannya memang karena mereka tak pernah membiasakan menabung sedari dini. Oleh karenanya, jika saat ini anda sudah mempunyai seorang anak, gak ada salahnya untuk mencoba memberikan mereka pendidikan untuk menabung selagi masih kecil.

Tabungan AnakMenabung untuk anak bisa melalui dua buah cara yaitu dengan membukakan mereka rekening tabungan di bank, atau dengan membelikannya celengan agar mereka bisa berhemat sendiri. Namun, yang perlu disadari bahwa yang ditekankan adalah kebiasaan anak menabung dapat memberikannya manfaat. Selain itu, penting untuk membuat mereka sadar akan pentingnya tabungan anak.

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kita tanamkan pada anak melalui menabung :

Melatih Kesabaran

Untuk tahap awal menabung bagi anak adalah memastikan bahwa tabungan mereka digunakan untuk hal yang memiliki tujuan tertentu. Entah itu untuk membeli mainan atau juga bisa membeli sepatu baru. Dengan cara ini, dirinya akan belajar mengenai pentingnya sabar untuk berusaha agar bisa mencapai tujuan tertentu.

Menghargai Uang

Dengan menabung secara tidak langsung, kita juga akan mendidikan anak untuk bisa menghargai uang dan tidak menghambur-hamburkannya. Setelah mereka bisa mengumpulkan sendiri uang mereka pun harus diberi pandangan mengenai apakah penting untuk memenuhi tujuan awal mereka menabung atau tidak. Mereka akan mengerti bagaimana susahnya mengumpulkan uang mereka dan tentunya akan lebih bijak dalam menggunakan uang tabungannya.

Membiasakan Disiplin dalam Menabung

Tabungan juga bisa menjadi media anak untuk belajar bagaimana cara melatih disiplin dalam menyisihkan uang untuk mereka simpan. Saat ini dilakukan, anda tak harus menuntut mereka untuk menentukan jumlah yang harus mereka tabung. Namun, yang perlu diperhatikan adalah bagaimana anda memberi mereka reward ketika mereka rajin dalam menabung.

Mengajari Anak untuk Mengumpulkan Emergency Fund

Selain mengajari anak mengenai cara untuk mendapatkan mainan baru atau juga sepatu baru dengan menabung, kita juga harus mengajari anak mengenai bagaimana mengumpulkan uang untuk keperluan yang tidak terduga di masa depan. Hal ini penting untuk membuat mereka mempraktikkannya dalam keadaan sudah dewasa, agar mereka siap untuk menghadapi segala hal yang tidak mereka duga sebelumnya, seperti sakit, PHK dan lain sebagainya. Namun, bagi si kecil, tentu tak seperti itu, namun lebih kepada keperluan mendesak baginya seperti untuk membetulkan sepeda yang rusak atau juga mainan yang rusak.

Mengajari Mengambil Keputusan yang Bijak

Ketika uang sudah terkumpul, maka berilah mereka untuk mengambil keputusan dan menentukan mengenai nantinya uang tersebut untuk apa. Jika memang anda khawatir keputusan mereka tidak tepat, maka bantulah mereka dengan memberikan saran yang baik agar mereka bisa memutuskan dengan biijak. Seperti dengan menyarankan agar membelikan atau menggunakan uang tabungan mereka untuk keperluan yang lebih mendesak dan lebih penting.

Demikianlah beberapa manfaat tabungan anak dan manfaat menabung bagi anak. Dari semuanya, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa manfaat-manfaat ini dapat diraih dan dimanfaatkan oleh si kecil jika dilakukan secara perlahan dan konsisten. Dengan ini, si kecil bukan hanya semakin bijak menggunakan uang mereka namun juga menjadi gemar dalam menabung.

Kemudian, tak hanya memberi pelajaran bagi si kecil untuk siap untuk masa depan mereka dengan cara menabung namun juga memberikan pelajaran berharap bagi mereka untuk bisa siap dalam menghadapi masa depan mereka nantinya.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *